A. Pengertian Mikroskop Digital
Mikroskop digital adalah
keajaiban ilmu pengetahuan modern. Sebuah mikroskop digital terdiri dari
mikroskop biasa dengan kamera digital yang dibangun ke dalamnya. Gambar
terlihat melalui mikroskop digital dapat diproyeksikan ke monitor komputer
dan disimpan pada file komputer. Sebuah mikroskop digital sangat cocok untuk
pendidikan karena memungkinkan banyak orang melihat spesimen sekaligus. Data
kemampuan menyimpan mikroskop digital membuat alat yang hebat untuk
penelitian.
Sebuah mikroskop digital
adalah variasi dari mikroskop optik tradisional yang menggunakan optik dan
charge coupled device (CCD) kamera ke output gambar digital yang disambungkan
ke monitor, atau dengan menggunakan perangkat lunak yang berjalan pada
komputer. Sebuah mikroskop digital berbeda dengan mikroskop optik yang
ketentuannya untuk mengamati sampel secara langsung melalui sebuah lensa
mata. Karena gambar diproyeksikan langsung pada kamera CCD, seluruh sistem
ini dirancang untuk gambar monitor.
Perbedaan utama antara
mikroskop optik dan mikroskop digital adalah pembesarannya. Dengan mikroskop
perbesaran optik yang ditemukan dengan mengalikan perbesaran lensa oleh
pembesaran lensa mata. Karena mikroskop digital tidak memiliki sebuah lensa
mata, pembesaran tidak dapat ditemukan dengan menggunakan metode ini.
Sebaliknya untuk perbesaran mikroskop digital ditemukan oleh berapa kali
lebih besar sampel adalah direproduksi pada monitor. Oleh karena pembesaran
akan tergantung pada ukuran monitor. Sistem mikroskop digital rata-rata
memiliki 15 "monitor, akan menghasilkan perbedaan rata-rata pembesaran
antara mikroskop optik dan mikroskop digital sekitar 60%. Jadi banyaknya
perbesaran mikroskop optik biasanya 60% lebih besar dari jumlah perbesaran
mikroskop digital.
Mikroskop digital yang
besar untuk tujuan pendidikan. Banyak siswa dapat melihat spesimen sekaligus
ketika kamera dihubungkan ke komputer. Hal ini menghemat waktu dan memastikan
bahwa semua siswa akan melihat spesimen yang sama. Orang bisa menyimpan
gambar dilihat melalui mikroskop digital untuk komputer, yang memungkinkan
mereka untuk mengakses gambar nanti. Ini sangat cocok untuk sekolah
pengaturan seperti memungkinkan siswa menyebutkan gambar jika mereka butuhkan
untuk kemudian menjelaskan atau menulis tentang rinciannya.
Peneliti ilmiah
mendapatkan keuntungan yang besar dari mikroskop digital. Mereka mampu
menyimpan dan mencetak gambar dari mikroskop, memungkinkan untuk pemeriksaan
dekat. Apabila gambar terlihat melalui mikroskop digital dilihat di layar
komputer, memungkinkan beberapa peneliti untuk memeriksa gambar sekaligus.
B. Sejarah Mikroskop Digital
Sebuah mikroskop digital
pertama kali dibuat oleh sebuah perusahaan lensa di Tokyo, Jepang pada tahun
1986, yang sekarang dikenal sebagai Hirox Co Ltd Pembuatan ini termasuk kotak
kontrol dan lensa yang terhubung ke komputer. Tetapi beberapa versi saat ini
all-in-one (semua-dalam-satu) dan tidak memerlukan komputer. Versi lain dari
mikroskop digital kemudian dikembangkan oleh Keyence Corp dan Leica
Microsystems. Penemuan dari USB port mengakibatkan banyak mikroskop digital
usb berkembang. Mereka terus turun harga, terutama dibandingkan dengan
konvensional mikroskop optik.
C. Spesifikasi Mikroskop Digital
Berikut merupakan sifat
atau spesifikasi umum yang dimiliki mikroskop digital :
1. Perbesaran
Menggunakan kedua lensa optik dan sensor CCD atau CMOS, sampai setidaknya
1000x pembesaran.
2. Kedalaman
lapangan
Kecil, seperti mikroskop slide biasa. Namun pada mikroskop digital
spesifikasi 3D, kedalaman lapangan besar hinga 20 kali lebih besar daripada
mikroskop slide.
3. Kegunaan
Semua penggunaan mikroskop slide, yaitu patologi, mikrobiologi,
forensik, dan pendidikan. Terutama berguna untuk aplikasi yang memerlukan
pertukaran informasi digital seperti telepathology dan pendidikan kedokteran
berkelanjutan.
4. Keuntungan
Semua keuntungan dari mikroskop slide, yaitu warna terlihat jelas,
tidak memerlukan listrik kecuali untuk sumber cahaya, model sederhana yang
relatif umum dan murah, ditambah kemampuan untuk menciptakan "slide
virtual" dan berbagi informasi digital. Pada mikroskop digital spesifikasi
3D, objek dapat dilihat dari hampir setiap sudut dan tiga dimensi fitur-fitur
dapat diperiksa. Teknologi digital memungkinkan untuk gambar yang lebih baik
untuk ditangkap ketika diperbesar oleh mikroskop, serta kemampuan untuk
menangkap dan menampilkan gambar secara real-time. Satu manfaat besar untuk
menggunakan mikroskop digital di kelas adalah kemampuan untuk memungkinkan
seluruh kelompok melihat dengan proyektor. Ini adalah strategi pembelajaran
yang efisien waktu yang akan memungkinkan akses tampilan yang jelas bagi
semua siswa di kelas. Akhirnya, mudah untuk membangun dalam eksplorasi siswa
dalam pembelajaran yang menggunakan mikroskop digital karena sifatnya yang
kid-friendly dan mudah digunakan.
5. Kekurangan
Memerlukan sumber listrik untuk beroperasi. Kebanyakan juga
membutuhkan komputer, walaupun beberapa termasuk viewscreens mereka sendiri.
Pada mikroskop digital spesifikasi 3D, harga sangat mahal.
Beberapa mikroskop
digital mempunyai kemampuan untuk melakukan Video Streaming,
Capturing, dan Video Recording. Berikut penjelasannya :
1. Video
Streaming
Mampu mengamati objek dan menghasilkan citra digital di waktu yang
sama. Perubahan perbesaran, penggantian objek, pencarian fokus, dan
sebagainya akan berpengaruh langsung pada citra digital yang tampil di
monitor.
2. Capturing,
Mampu menangkap gambar yang diamati sesuai dengan citra digital yang
terlihat di monitor. Tangkapan gambar kemudian dapat disimpan sebagai file
gambar dengan format BMP atau JPEG dengan beragam pilihan resolusi.
3. Video
Recording,
Mampu merekam citra digital yang terlihat di monitor dalam rentang
waktu yang diinginkan pengguna. Rekaman gambar selanjutnya disimpan sebagai
file video dengan format AVI. Dengan rekaman video ini, pengguna dapat
mengamati objek penelitiannya berulang kali dan kapan pun tanpa perlu
mengatur ulang mikroskop dan objeknya.
D. Perbedaan
Mikroskop Digital dengan Mikroskop Optik
Tabel berikut merupakan
rincian perbedaan antara mikroskop digital dengan mikroskop optik
konvensional :
E. Resolusi Mikroskop Digital
Karena mikroskop digital
memiliki gambar yang diproyeksikan langsung ke kamera CCD, maka mikroskop
digital ini memiliki kualitas yang lebih tinggi dalam merekam gambar
dibandingkan dengan mikroskop optik. Dengan mikroskop optik, lensa yang
dibuat untuk optik mata. Memasang kamera CCD untuk sebuah mikroskop optik
akan menghasilkan gambar yang memiliki kompromi dibuat untuk lensa mata.
Dengan khas CCD 2
megapiksel, gambar 1600 × 1200 piksel yang dihasilkan. Resolusi gambar
tergantung paa bidang pandang lensa yang digunakan oleh kamera. Resolusi
pixel perkiraan dapat ditentukan dengan membagi horisontal bidang pandang
(FOV) oleh 1600. Peningkatan resolusi yang dapat dicapai dengan menciptakan
citra sub-pixel. Pixel Shift Metode ini menggunakan aktuator secara fisik
memindahkan CCD untuk mengambil gambar beberapa tumpang tindih. Dengan
menggabungkan gambar di dalam mikroskop, resolusi sub-pixel dapat dihasilkan.
Metode ini memberikan informasi sub-pixel, rata-rata gambar standar juga
merupakan metode yang telah terbukti untuk menyediakan informasi sub-pixel.
F. Pengukuran 2D dan 3D Mikroskop Digital
Sebagian besar sistem end
mikroskop digital memiliki kemampuan untuk mengukur sampel dalam 2D.
Pengukuran dilakukan pada layar dengan mengukur jarak dari pixel ke pixel.
Hal ini memungkinkan untuk panjang, lebar, diagonal, dan pengukuran lingkaran
serta banyak lagi. Beberapa sistem bahkan mampu menghitung partikel.
Pengukuran 3D dicapai
dengan mikroskop digital dengan gambar menumpuk. Menggunakan step motor,
sistem mengambil gambar dari bidang fokus terendah di bidang pandang terhadap
bidang fokus tertinggi. Kemudian merekonstruksi gambar tesis menjadi sebuah
model 3D yang didasarkan pada kontras untuk memberikan warna gambar 3D
sampel. Dari pengukuran model 3D dapat dibuat, tetapi akurasi didasarkan pada
step motor dan kedalaman lensa.
G. Jenis
Mikroskop Digital
Banyak macam atau jenis dari
mikroskop digital, layaknya jenis handphone, mikroskop digital bervariasi
dengan spesifikasi masing-masing sesuai produksi perusahaan mikroskop. Ada
beberapa model yang berbeda mikroskop digital. Beberapa memiliki satu lensa
mata seperti mikroskop konvensional kebanyakan. Sejumlah model mikroskop
stereo, yang berarti bahwa mereka memiliki dua eyepieces. Semua Mikroskop
digital memiliki berbagai fitur yang membuat mereka alat-alat besar untuk
pendidikan dan penelitian.
Mikroskop digital
bervariasi dari unit yang berharga murah hingga mikroskop yang terhubung ke
komputer melalui konektor USB yang berharga sekitar puluhan ribu dolar.
Sebagian besar mikroskop yang berharga murah terhubung melalui USB namun
tidak berdiri, atau berdiri sederhana dengan clampable sendi. Pada dasarnya
sangat sederhana, webcam dengan lensa kecil dan sensor dapat digunakan untuk
melihat benda yang tidak sangat dekat dengan lensa mekanis diatur untuk
memungkinkan fokus pada jarak dekat yang sangat. Pembesaran biasanya
disesuaikan oleh pengguna dari 10 × ke 200 hingga 400 ×.
Perangkat yang terhubung
ke komputer memerlukan software untuk beroperasi. Operasi dasar termasuk
melihat gambar mikroskop dan merekam "snapshot". Fungsionalitas
yang lebih canggih, mungkin bahkan dengan perangkat sederhana, termasuk
merekam gambar bergerak, selang waktu fotografi, pengukuran, peningkatan
citra, penjelasan, dll Banyak dari unit sederhana yang terhubung ke komputer
menggunakan fasilitas sistem operasi standar, dan tidak memerlukan perangkat
driver khusus. Konsekuensi dari ini adalah bahwa paket mikroskop banyak
berbeda perangkat lunak dapat digunakan bergantian dengan mikroskop yang
berbeda, meskipun perangkat lunak tersebut mungkin tidak mendukung
fitur-fitur unik untuk perangkat lebih maju. Dasar operasi mungkin dapat
dilakukan dengan perangkat lunak yang disertakan sebagai bagian dari komputer
sistem operasi dalam Windows XP, gambar dari mikroskop yang tidak memerlukan
driver khusus dapat dilihat dan dicatat dari "Scanner dan Kamera" di
Control Panel.
Berikut merupakan
contoh-contoh dari mikroskop digital keluaran dari salah satu produsen
mikroskop digital.
Sedangkan berikut ini
merupakan jenis dari mikroskop digital yang dihubungkan dengan beberapa media
atau monitor penampil objek.
H. Bagian-Bagian
Mikroskop Digital
Berikut merupakan gambar
beberapa mikroskop digital beserta keterangan bagian-bagiannya :
I. Cara Penggunaan Mikroskop Digital
Ada banyak tipe atau seri
mikroskop digital. Berikut ini adalah cara menggunakan mikroskop digital seri
DG 2800. Penggunaannya mudah dan praktis. Secara umum langkah langkah yang
diperlukan adalah sama bagi semua mikroskop digital seri DG.
1. Meletakkan
mikroskop di tempat yg datar dan kuat (meja)
2. Menyalakan
komputer dan menyambungkan USB dari mikroskop ke PC
3. Memasang
lampu LED dan menyambungkan ke listrik
4. Menyalakan
lampu led (atur dimmer maksimal lebih dulu, dan mengecilkan jika diperlukan)
Letakan preparat ke meja preparat. Objek letakkan pada sinar yg masuk Pilih
lensa obyektiv 4x lebih dahulu
5. Menjalankan
program softrware aplikasi mikroskop digital
6. Memutar
fokus kasar hingga gambar muncul di monitor Untuk memperjelas, putar fokus
halus
7. Gambar
dan Video selanjutnya dapat disimpan dengan tombol simpan gambar
A. Manfaat Mikroskop Digital dalam Pendidikan
Kemajuan teknologi
mikroskop digital selama beberapa tahun terakhir telah menghasilkan manfaat
besar bagi siswa. Beberapa siswa mulai memiliki mikroskop yang terhubung ke
TV atau ke komputer melalui port USB. Siswa kemudian diajarkan untuk
menggunakan mikroskop kemudian mendiskusikan temuan mereka. Selain itu
mikroskop digital memungkinkan seluruh kelas untuk melihat spesimen dan
membahas temuan sebagai sebuah kelompok.
Salah satu jenis plugs
mikroskop digital ke dalam proyektor data atau televisi. membuat proses ilmu
pengetahuan mengajar ke kelas jauh lebih dinamis, lebih mudah dan lebih hemat
biaya. Penyajian dan diskusi spesimen dapat dicapai dengan mudah dengan
menempatkan televisi di depan kelas dimana semua siswa memiliki pandangan
yang jelas ke layar. Pendidik menempatkan spesimen di bawah mikroskop untuk
menampilkan di depan kelas. Dengan begini, siswa melihat proses demo
pengamatan spesimen yang dilakukan guru.
Pendidik ini dapat
menggunakan televisi untuk menunjukkan rincian spesimen, mendorong semua
siswa berpartisipasi, dan mencapai tujuan dari rencana pelajaran dengan
menggunakan mikroskop. Tidak ada kebutuhan untuk perangkat lunak atau
peralatan tambahan untuk membuat mikroskop bagian penting dari proses
pendidikan. Siswa akan dapat mempelajari langkah-langkah untuk pengamatan
spesimen dengan benar tanpa trial and error yang sering menyertai proses ini.
Di samping itu, dalam kelompok diskusi, pertanyaan, dan jawaban selalu
disampaikan kepada pendidik baik ketika menampilkan konten baru atau tidak
biasa kepada siswa. Mengajar siswa tentang struktur selular hewan dan
tumbuhan dapat dengan mudah dicapai dengan menggunakan gambar besar, jelas,
dan tajam disediakan oleh layar televisi atau proyektor data.
Manfaat tambahan dari
jenis sistem adalah bahwa siswa dengan kebutuhan khusus, yang mungkin tidak
biasanya mampu menangani kontrol kecil mikroskop atau dapat menavigasi
seluk-beluk ruang lingkup, akan dapat berpartisipasi dan belajar mudah dengan
seluruh kelas. Dapat sisimpulkan pula semua siswa dalam proses eksplorasi
ilmu akan memperluas dan memberdayakan siswa dengan kebutuhan khusus untuk
berpartisipasi dalam belajar lebih aktif.
Lingkup dibuat untuk
digunakan dengan televisi atau proyektor data yang fungsi dan fitur dari
lingkup yang diintegrasikan dengan komputer dengan menggunakan port USB.
Sistem ini dapat merekam gambar diam, melakukan video waktu selang, dan
memberikan aliran terus-menerus informasi kepada siswa terhadap spesimen saat
mereka belajar dengan mikroskop digital ini. Pendidik dapat dengan mudah mengembangkan
rencana pelajaran yang akan mencakup pemisahan sel, atau proses pertumbuhan
jamur atau bakteri.
Mikroskop yang paling
efektif untuk digunakan dalam pendidikan ini dirancang untuk memberikan
perbesaran yang lebih besar 10x ke 200x atau lebih tinggi. Termasuk juga
kontrol yang mudah digunakan untuk penerangan LED yang akan memungkinkan
untuk adaptasi terhadap sumber cahaya di dalam kelas lebih mudah. Banyak guru
menemukan bahwa dengan menggunakan mikroskop digital dalam hubungannya dengan
mikroskop meja memungkinkan lebih banyak fleksibilitas dalam pengajaran
teknik dan metode. Hal ini sangat ampuh untuk memiliki instruktur dapat
menampilkan apa yang siswa cari di Mikroskop desktop mereka. Interaksi antara
siswa dan pendidik ketika siswa tahu apa yang mereka cari dimungkinkan
pendidik untuk fokus pada proyek dan spesimen di tangan untuk seluruh kelas,
bukan menghabiskan waktu di meja masing-masing mahasiswa menceritakan
informasi yang sama.
Manfaat penggunaan
mikroskop digital di kelas sains dasar yang luar biasa ini terjangkau dan
mudah digunakan dan membuka pintu bagi pendidik dan siswa. Pendidik mampu
membuat rencana pelajaran dinamis yang menggunakan aplikasi penuh dari
mikroskop sementara siswa mendapat manfaat dari dunia indah yang telah dibuka
kepada mereka melalui teknologi modern ini.
Untuk menjamin mikroskop
digital adalah sebagai berguna mungkin untuk pelaksanaan kelas, beberapa
faktor harus dipertimbangkan:
1. Perbesaran
Tingkat dan fleksibilitas dari perbesaran sangat penting. Perbesaran
mulai dari 10x ke 200x memberikan pandangan yang jelas dari obyek yang sedang
dipelajari, baik itu sampel batuan atau struktur sel.
2. Resolusi
Resolusi adalah faktor lain yang besar. Jika gambar akan dilihat pada
monitor komputer besar atau melalui proyektor data, resolusi tinggi sangat
penting sehingga kualitas gambar tidak mengganggu siswa. Sebuah resolusi
1280x1024 dianjurkan.
3. Fleksibilitas
Sebuah mikroskop digital harus tahan lama dan fleksibel. Tangan
memegang mikroskop digital ini sangat berguna karena dapat dipindahkan ke
spesimen daripada spesimen yang sedang pindah ke itu. Hal ini memungkinkan
siswa untuk mengeksplorasi contoh tanah dan batuan dengan cara investigasi.
Hal ini juga memungkinkan siswa untuk menekan ruang lingkup terhadap lengan
mereka atau tangan untuk melihat keringat merembes melalui pori-pori. Ini
tidak dapat dengan mudah (jika ada) diamati dengan mikroskop tradisional.
4. Harga
Efektivitas biaya penting dalam pendidikan. Kualitas mikroskop digital
yang baik dapat diperoleh di bawah $ 200.
5. Software
Perangkat lunak yang dirancang untuk penggunaan pendidikan juga suatu
keharusan. Perangkat lunak ini harus memungkinkan siswa untuk zoom in untuk
melihat lebih detail, harus memungkinkan siswa untuk mengambil time-lapse
video serta gambar diam dan video biasa, dan harus memungkinkan siswa untuk
mengukur spesimen. Gambar yang diambil kemudian dapat dicetak dan dilampirkan
dengan laporan laboratorium atau digunakan dalam presentasi PowerPoint.
Siswa lebih mudah
menerima teori bila diajarkan bersama aplikasi yang sebenarnya. Sebagai
contoh, siswa mungkin tidak dapat benar-benar memvisualisasikan siklus hidup
serangga, hanya karena mereka tidak pernah melihatnya secara real. Beberapa
Mikroskop digital yang dikemas sebagai bagian dari kit pendidikan untuk
membuat implementasi lebih mudah. SmartScope bisa dikemas dengan kit
spesimen Siklus Hidup menampilkan siklus hidup ngengat dalam empat tahap,
telur, ulat, pupa dan ngengat. Ini adalah cara yang sangat baik membuat siswa
memahami tahap dasar, di mana guru dapat menjelaskan bagaimana ini sama atau
berbeda dari serangga lainnya. Mikroskop digital telah benar-benar
memberdayakan guru dan siswa sama. Guru sekarang ganda dilengkapi untuk
menjelaskan konsep yang berbeda sementara dengan mudah berhubungan ke dunia
nyata. Penerapan teknologi tersebut pada tingkat sekolah, telah memberikan
pendidikan pendekatan penelitian yang lebih didasarkan dari sekedar menjadi
pembelajaran.
DAFTAR
PUSTAKA
Anonim.
OptiLab Mikroskop Digital. Yogyakarta: CV. MICONOS TRANSDATA NUSANTARA.
Anonim.
Panduan Penggunaan OptiLab Digital Microskop. Yogyakarta: CV. MICONOS TRANSDATA
NUSANTARA.
http://www.kaskus.us/member.php?s=512d40842b606adc1fff435095e305f3&u=1985413
http://optilabinfo.blogspot.com/
http://translate.googleusercontent.com/translate_c?hl=id&langpair=en%7Cid&u=http://www.digitalmicroscope.com/feature/depth_composition.php&rurl=translate.google.co.id&usg=ALkJrhif9nhgnmfINeuVuuLN_1TzhVuL-Q
http://wb8.itrademarket.com/pdimage
|
Senin, 16 Juli 2012
MIKROSKOP DIGITAL
Kamis, 12 Juli 2012
Derivat epidermis jaringan tumbuhan
Menurut Bagod Sudjadi dan Siti Laila (30 : 2005), jaringan epidermis
merupakan lapisan sel yang paling luar pada daun, akar, buah, biji, dan
batang. Kata epidermis berasal dari bahasa Yunani (epi = di atas / menutupi; derma
= kulit). Jaringan epidermis biasanya terdiri atas deretan sel tunggal
yang menutupi dan melindungi semua bagian tumbuhan yang masih muda.
Secara umum, fungsi utama jaringan epidermis adalah sebagai pelindung.
Namun, sel-sel epidermis sering kali memiliki cirri dan fungsi khusus
yang berkaitan dengan fungsi utama organ yang ditutupi. Jaringan
epidermis dapat juga berkembang dan mengalami modifikasi menjadi sel
rambut akar, sel penutup pada stomata, dan spina. Epidermis, seperti
halnya kulit pada tubuh kita, yang merupakan komponen perlindungan
pertama untuk melawan kerusakan fisik dan organisme-organisme patogenik.
Yang dimaksud dengan derivat adalah perubahan struktur epidermis
dimana fungsinya juga ikut berubah. Beberapa macam derivat jaringan tumbuhan
antara lain:
1. Stomata
Stomata adalah celah/mulut kecil pada daun tumbuhan. Stomata pada
umumnya ada pada permukaan bagian bawah daun,tetapi untuk beberapa tumbuhan
air seperti terarai, stomatanya ada pada permikaan atas untuk membantu proses
pertukaran gas.
Fungsinya: pertukaran gas dan jalan penguapan 2. Trikoma
Trikoma adalah alat tambahan pada epidermis yang
berupa tonjolan/rambut. Dijumpai pada seluruh organ : daun,
batang, bunga, buah, akar; terutama terdapat pada daun,disebut
rambut daun.
Fungsinya:
~ Pada akar : untuk memperluas bidang penyerapan air dan unsur-unsur hara ~Pada daun : untuk mengurangi besarnya penguapan, mengurangi gangguan hewan/manusia, meneruskan rangsang (trikoma kaya akan plasma) ~Pada bunga : nectaria mengeluarkan madu untuk menarik serangga membantu penyerbukan. ~Pada biji : biji menjadi ringan mudah diterbangkan oleh angin membantu penyebaran ~mencegah gangguan serangga yang akan merusak biji ~menyerap air biji lekas berkecambah dan tumbuh ~Pada batang : untuk mengurangi penguapan dan untuk memanjat (Kaktus,Rotan) 3. Velamen Pada akar tumbuhan epifit, tumbuhan yang menempel pada benda lain / tumbuhan lain, jaringan epidermis akarnya berfungsi untuk menangkap dan menimbun air yang diperolehnya. Modifikasi jaringan epidermis ini disebut velamen. Velamen ditemukan umumnya pada tumbuhan keluarga anggrek. Fungsinya: mengikat oksigen dan menangkap air yang diperolehnya
4.Silika dan
gabus
Terdapat di antara sel-sel epidermis. Yang memanjang yang disebut sel panjang terdapat juga yang dinamakan sel pendek. Sel pendek ini terdiri atas 2
tipe sel, yaitu: sel silika dan sel gabus. Kedua macam
sel ini sering dibentuk dalam pasangan di sepanjang daun. Sel silika
:mengandung badan-badan silika (SiO2) yang berbentuk bulatan,elips,
halter/pelana.ada yang berbentukbulatan,elips,halter/pelana.Dijumpai
juga pada tanaman Cyperaceae,
Equisetinae dan
Ficus dan beberapa Monocotyledoneae lainnya. Sel gabus :dinding selnya disisipi suberin (gabus). Fungsi sel gabus dan sel silika : memperkuat batang, kulit batang menjadi keras dan untuk melindungi
jaringan lain agar tidak
kehilangan banyak air, mengingat sel-sel gabus yang bersifat kedap air.
5. Sel kipas (BULLIFORM CELL)
Keterangan: sel kipas terdapat di epidermis bagian atas. Tipe daun isobilateral.
Dijumpai pada Gramineae dan anggota
Monocotyledoneae yang lain, kecuali Helobie, berupa sel-sel berdinding tipis
dengan vakuola yang besar, ukuran sel lebih besar dbandingkan sel-sel
epidermis. Sel-sel ini
terdapat di seluruh permukaan adaksial daun / berupa deretan sejajar yang
terpisah di antara tulang- tulang daun.
Sel-sel ini
tersusun seperti kipas dan sel tulang daun. Sel-sel
ini tersusun seperti kipas dan sel pusatnya adalah yang
paling tinggi. Sel kipas mengandung banyak air dan tanpa / hampir tidak mengandung kloroplas. Fungsi sel kipas : Berfungsi dalam proses pembukaan
gulungan daun dalam tunas dan untuk mengurangi penguapan yang berlebihan.
|
Air
adalah senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan
yang diketahui sampai saat ini di bumi, tetapi tidak di planet lain. Air
menutupi hampir 71% permukaan bumi. Terdapat 1,4 triliun kilometer
kubik (330 juta mil³) tersedia di bumi. Air sebagian besar terdapat di laut (air asin)
dan pada lapisan-lapisan es (di kutub dan puncak-puncak gunung), akan tetapi
juga dapat hadir sebagai awan, hujan, sungai, muka air tawar, danau, uap air, dan lautan es.
Air dalam
obyek-obyek tersebut bergerak mengikuti suatu siklus air,
yaitu: melalui penguapan, hujan, dan aliran air di atas permukaan tanah (runoff,
meliputi mata
air, sungai,
muara) menuju laut. Air bersih
penting bagi kehidupan manusia. Di banyak tempat di dunia terjadi kekurangan
persediaan air. Selain di bumi, sejumlah besar air juga diperkirakan terdapat
pada kutub utara
dan selatan planet Mars,
serta pada bulan-bulan Europa dan Enceladus. Air dapat berwujud padatan (es), cairan (air) dan gas (uap air). Air
merupakan satu-satunya zat yang secara alami terdapat di permukaan bumi dalam
ketiga wujudnya tersebut. Pengelolaan sumber daya air yang kurang baik dapat
menyebakan kekurangan air, monopolisasi serta privatisasi dan bahkan menyulut
konflik. Indonesia telah memiliki undang-undang yang mengatur sumber daya air
sejak tahun 2004, yakni Undang Undang nomor 7 tahun 2004 tentang Sumber Daya
Air.
|
Langganan:
Postingan (Atom)