Kamis, 03 November 2016

Talinum paniculatum (Jacq.) Gaertn / Som Jawa atau Ginseng Jawa


Klasifikasi:
Regnum: Plantae
Divisio: Spermatophyta
Sub Divisi: Angiospermae
Kelas: Dicotyledoneae
Sub Kelas: Apetalae
Bangsa: Caryophyllales
Famili: Portulacaceae
Genus: Talinum
Spesies: Talinum paniculatum (Jacq.) Gaertn

Ciri-ciri:
Som jawa ditanam sebagai tanaman hias atau tanaman obat, kadang ditemukan tumbuh liar. Tumbuhan ini berasal dari Amerika tropis. Akarnya berdaging tebal, biasa digunakan sebagai pengganti kolesom. DI Jawa tumbuh pada ketinggian 5 – 1.250 m dpl. Terna tahunan, tegak, tinggi 30 – 60 cm, batang bercabang di bagian bawah dan pangkalnya mengeras. Daun tunggal, letak berhadapan, bertangkai pendek, bundar telur sungsang, tepi rata, ujung dan pangkal runcing, panjang 3 – 10 cm, lebar 1,5 – 5 cm. Perbungaan majemuk dalam malai di ujung tangkai, berbentuk anak payung menggarpu yang mekar di sore hari, warnanya merah ungu. Buahnya buah kotak, diameter 3 mm, bijinya kecil, hitatn, bulat gepeng.



Deskripsi:
Di pulau Jawa masyarakat lokal mengenal Som Jawa yang sering disebut sebut sebagai Ginseng Jawa, terutama oleh pedagang herbal tradisional dengan menguraikan manfaat yang mirip dengan Ginseng sesungguhnya (Panax). Bahasa latinnya juga jauh berbeda, dinamakan sebagai Talinum Paniculatum Gaertn, kolesom atau Talinum triangulare Wild. Masyarakat tradisional sudah lama mengenalnya sebagai ramuan obat, lajimnya dicampur dengan minuman keras anggur. Sebagian masyarakat menggunakannya sebagai campuran sayur lodeh dengan berbagai jenis dedaunan penyedap rasa.

Bentuk fisik Som Jawa juga sangat berbeda dengan tanaman ginseng sesungguhnya dan cukup mudah ditemukan di berbagai tempat, terkesan sebagai tanaman liar yang sangat jarang dibudidayakan. Tidak banyak artikel ilmiah yang mengulas tentang tanaman herbal ini, kecuali catatan digital yang banyak ditulis oleh para Blogger serta iklan sederhana yang bercerita tentang faedahnya walaupun belum teruji secara medis, mungkin saja itu pendapat pribadi atau mitos yang dicatat pada artikel sederhana di internet. Semoga saja tumbuhan ini diteliti lebih jauh lagi, untuk mengetahui kandungan yang terdapat didalamnya sebagai obat herbal. Situs pemerintah pertanian.go.id menyajikan klasifikasi tanaman dengan asal penyebarannya dari Amerika dan Afrika secara sistimatis, berikut dengan gambar Ginseng Jawa dengan ciri ciri tanaman tanpa menyebut faedahnya secara rinci.

Indonesia memang sangat kaya dengan tanaman herbal, masyarakat tradisional di pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi hingga Paua dan Sumatera serta Bali hingga Mentawai dan Nias, hampir di setiap pulau memiliki tanaman herbal yang dikenal sangat ampuh, dan secara turun temurun telah diajarkan, dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Menjadi bagian dari pengobatan tradisional yang diwariskan oleh leluhur secara turun temurun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar