Senin, 16 Juli 2012

MIKROSKOP DIGITAL


     A.     Pengertian Mikroskop Digital
Mikroskop digital adalah keajaiban ilmu pengetahuan modern. Sebuah mikroskop digital terdiri dari mikroskop biasa dengan kamera digital yang dibangun ke dalamnya. Gambar terlihat melalui mikroskop digital dapat diproyeksikan ke monitor komputer dan disimpan pada file komputer. Sebuah mikroskop digital sangat cocok untuk pendidikan karena memungkinkan banyak orang melihat spesimen sekaligus. Data kemampuan menyimpan mikroskop digital membuat alat yang hebat untuk penelitian.
Sebuah mikroskop digital adalah variasi dari mikroskop optik tradisional yang menggunakan optik dan charge coupled device (CCD) kamera ke output gambar digital yang disambungkan ke monitor, atau dengan menggunakan perangkat lunak yang berjalan pada komputer. Sebuah mikroskop digital berbeda dengan mikroskop optik yang ketentuannya untuk mengamati sampel secara langsung melalui sebuah lensa mata. Karena gambar diproyeksikan langsung pada kamera CCD, seluruh sistem ini dirancang untuk gambar monitor.
Perbedaan utama antara mikroskop optik dan mikroskop digital adalah pembesarannya. Dengan mikroskop perbesaran optik yang ditemukan dengan mengalikan perbesaran lensa oleh pembesaran lensa mata. Karena mikroskop digital tidak memiliki sebuah lensa mata, pembesaran tidak dapat ditemukan dengan menggunakan metode ini. Sebaliknya untuk perbesaran mikroskop digital ditemukan oleh berapa kali lebih besar sampel adalah direproduksi pada monitor. Oleh karena pembesaran akan tergantung pada ukuran monitor. Sistem mikroskop digital rata-rata memiliki 15 "monitor, akan menghasilkan perbedaan rata-rata pembesaran antara mikroskop optik dan mikroskop digital sekitar 60%. Jadi banyaknya perbesaran mikroskop optik biasanya 60% lebih besar dari jumlah perbesaran mikroskop digital.
Mikroskop digital yang besar untuk tujuan pendidikan. Banyak siswa dapat melihat spesimen sekaligus ketika kamera dihubungkan ke komputer. Hal ini menghemat waktu dan memastikan bahwa semua siswa akan melihat spesimen yang sama. Orang bisa menyimpan gambar dilihat melalui mikroskop digital untuk komputer, yang memungkinkan mereka untuk mengakses gambar nanti. Ini sangat cocok untuk sekolah pengaturan seperti memungkinkan siswa menyebutkan gambar jika mereka butuhkan untuk kemudian menjelaskan atau menulis tentang rinciannya.
Peneliti ilmiah mendapatkan keuntungan yang besar dari mikroskop digital. Mereka mampu menyimpan dan mencetak gambar dari mikroskop, memungkinkan untuk pemeriksaan dekat. Apabila gambar terlihat melalui mikroskop digital dilihat di layar komputer, memungkinkan beberapa peneliti untuk memeriksa gambar sekaligus.

     B.     Sejarah Mikroskop Digital
Sebuah mikroskop digital pertama kali dibuat oleh sebuah perusahaan lensa di Tokyo, Jepang pada tahun 1986, yang sekarang dikenal sebagai Hirox Co Ltd Pembuatan ini termasuk kotak kontrol dan lensa yang terhubung ke komputer. Tetapi beberapa versi saat ini all-in-one (semua-dalam-satu) dan tidak memerlukan komputer. Versi lain dari mikroskop digital kemudian dikembangkan oleh Keyence Corp dan Leica Microsystems. Penemuan dari USB port mengakibatkan banyak mikroskop digital usb berkembang. Mereka terus turun harga, terutama dibandingkan dengan konvensional mikroskop optik.

     C.     Spesifikasi Mikroskop Digital
Berikut merupakan sifat atau spesifikasi umum yang dimiliki mikroskop digital :
    1.    Perbesaran
Menggunakan kedua lensa optik dan sensor CCD atau CMOS, sampai setidaknya 1000x pembesaran.
    2.    Kedalaman lapangan
Kecil, seperti mikroskop slide biasa. Namun pada mikroskop digital spesifikasi 3D, kedalaman lapangan besar hinga 20 kali lebih besar daripada mikroskop slide.
    3.    Kegunaan
Semua penggunaan mikroskop slide, yaitu patologi, mikrobiologi, forensik, dan pendidikan. Terutama berguna untuk aplikasi yang memerlukan pertukaran informasi digital seperti telepathology dan pendidikan kedokteran berkelanjutan.
    4.    Keuntungan
Semua keuntungan dari mikroskop slide, yaitu warna terlihat jelas, tidak memerlukan listrik kecuali untuk sumber cahaya, model sederhana yang relatif umum dan murah, ditambah kemampuan untuk menciptakan "slide virtual" dan berbagi informasi digital. Pada mikroskop digital spesifikasi 3D, objek dapat dilihat dari hampir setiap sudut dan tiga dimensi fitur-fitur dapat diperiksa. Teknologi digital memungkinkan untuk gambar yang lebih baik untuk ditangkap ketika diperbesar oleh mikroskop, serta kemampuan untuk menangkap dan menampilkan gambar secara real-time. Satu manfaat besar untuk menggunakan mikroskop digital di kelas adalah kemampuan untuk memungkinkan seluruh kelompok melihat dengan proyektor. Ini adalah strategi pembelajaran yang efisien waktu yang akan memungkinkan akses tampilan yang jelas bagi semua siswa di kelas. Akhirnya, mudah untuk membangun dalam eksplorasi siswa dalam pembelajaran yang menggunakan mikroskop digital karena sifatnya yang kid-friendly dan mudah digunakan.
    5.    Kekurangan
Memerlukan sumber listrik untuk beroperasi. Kebanyakan juga membutuhkan komputer, walaupun beberapa termasuk viewscreens mereka sendiri. Pada mikroskop digital spesifikasi 3D, harga sangat mahal.
Beberapa mikroskop digital mempunyai kemampuan untuk melakukan Video Streaming, Capturing, dan Video Recording. Berikut penjelasannya :
    1.    Video Streaming
Mampu mengamati objek dan menghasilkan citra digital di waktu yang sama. Perubahan perbesaran, penggantian objek, pencarian fokus, dan sebagainya akan berpengaruh langsung pada citra digital yang tampil di monitor.
    2.    Capturing,
Mampu menangkap gambar yang diamati sesuai dengan citra digital yang terlihat di monitor. Tangkapan gambar kemudian dapat disimpan sebagai file gambar dengan format BMP atau JPEG dengan beragam pilihan resolusi.
    3.    Video Recording,
Mampu merekam citra digital yang terlihat di monitor dalam rentang waktu yang diinginkan pengguna. Rekaman gambar selanjutnya disimpan sebagai file video dengan format AVI. Dengan rekaman video ini, pengguna dapat mengamati objek penelitiannya berulang kali dan kapan pun tanpa perlu mengatur ulang mikroskop dan objeknya.

     D.    Perbedaan Mikroskop Digital dengan Mikroskop Optik
Tabel berikut merupakan rincian perbedaan antara mikroskop digital dengan mikroskop optik konvensional :
No
Mikroskop Digital
Mikroskop Optik
1.
Superior Depth of Field
    Ujung Pena         Konektor
Digital mikroskop mencapai kedalaman lapangan minimal 20 kali lebih besar daripada mikroskop optic, sehingga memberikan representasi yang sempurna dari proyeksi besar bahkan dan depresi yang sulit untuk membawa ke dalam fokus dengan mikroskop optik. Mengatur fokus cepat dan mudah.
Shallow Depth of Field
 
    Ujung Pena          Konektor
Hanya sebagian terbatas dari target dapat dibawa ke dalam fokus, sedangkan sisanya tetap di luar fokus. Akibatnya, pengamatan memerlukan banyak waktu, dan lebih kemungkinan bahwa cacat menit atau benda asing pada target akan diabaikan.
2.
Hanya Pengamatan Stereoscopic yang Mungkin Dilakukan
Komposisi gambar berkualitas tinggi dan mendalam  

Gambar 3D
Kedalaman Komposisi dan Fungsi Tampilan 3D
Karena mikroskop konvensional memberikan kedalaman dangkal lapangan, hanya bagian terbatas tar mendapat dengan permukaan yang tidak rata dapat dibawa ke dalam fokus pada satu waktu.
3.
Mudah Sesuaikan Perbesaran Menggunakan A Lensa Zoom
Dengan lensa zoom, dapat mengubah perbesaran tanpa kehilangan pandangan dari target  yang diamati. Juga dapat dengan mudah mengatur perbesaran optimal yang menyediakan gambar paling jelas.
Penyesuaian Perbesaran dengan Turning Revolver
Pembesaran lensa harus diganti dengan memutar revolver, sehingga titik sasaran mungkin menghilang dari lapangan visual. Mikroskop optik membutuhkan waktu untuk penyesuaian ketika ingin melihat-diperbesar gambar lebih lanjut.
4.
Objek yang Digunakan Tidak Perlu Dibongkar atau dipotong
Pengamat dapat mengamati target hanya dengan menunjuk ke arah lensa titik target, sehingga sasaran yang besar bahkan dapat diamati dengan cepat, dan hanya cara itu. Mikroskop digital membuat analisis cepat dan akurat mungkin dan pengamatan, membantu memberikan solusi awal terhadap masalah. Hal ini menghilangkan kebutuhan untuk membongkar, atau memotong objek dan  memungkinkan pengamat untuk mengamati perubahan sekuler pada titik yang sama.
Objek harus Dibongkar atau Potong Sebelum Inspeksi
Dengan mikroskop optik, target harus dibongkar atau dipotong sebelum diatur di atas panggung.
5.
Objek dapat diamati pada setiap Angle
Menggunakan sistem multi-penampil, mikroskop digital pengamatan di sudut sampai 90 ° dengan target beristirahat di atas panggung. Kamera dapat diputar 360° sekitar pusat bidang visual, memungkinkan pengamatan objek di semua sudut.
Objek harus secara manual miring atau dipindahkan
Untuk mengamati target miring, Anda harus memiringkan pada tahap ke sudut yang tepat. Dibutuhkan banyak waktu untuk mengamati titik target
6.
Sistem Penerangan Terpadu tidak Membutuhkan Waktu Setup
Menggabungkan pencahayaan mikroskop digital terpadu sendiri, observasi dapat  hanya dengan menunjuk kamera pada target. Tidak perlu untuk setup awal. Siapapun dapat mengamati gambar yang sama.
Pengaturan Iluminasi  sulit dan membutuhkan waktu lebih lama
Dibutuhkan banyak waktu untuk mengatur pencahayaan. Karena gambar tujuan bervariasi tergantung pada pencahayaan, sulit untuk mendapatkan gambar yang sama setiap waktu.
7.
Dapat menyimpan Gambar dan Mengarahkan Teks
Controller menggabungkan 160 GB hard disk drive yang dapat menyimpan 575.000 gambar terkompresi. Pengamat juga dapat memasukkan judul, subjudul, nama operator dan komentar untuk setiap gambar dan kemudian menyimpan informasi referensi bersama-sama dengan gambar.
Gambar Pertama Harus Ditransfer ke PC
Untuk mengatur gambar yang diambil, gambar pertama harus disimpan pada media dan kemudian dimuat ke dalam PC. Untuk menyimpan kondisi pengambilan gambar, pengamat harus menyisipkan gambar ke dalam perangkat lunak pembuatan dokumen dan secara manual memasukkan kondisi dan data.
8.
Visual Data Real-time dengan Mudah
Perbesaran gambar objek dapat diproyeksikan ke monitor yang besar, maka beberapa orang dapat mengamati dan mendiskusikan gambar target secara bersamaan. Dengan metode ini, analisis mendesak dan diskusi di antara, banyak pengamat sangat difasilitasi. Selain itu, pekerja berpengalaman sehingga dapat meningkatkan kemampuan mereka dengan mengamati target bersama dengan pekerja berpengalaman.
Hanya Satu Orang Bisa Lihat Data Real-time
Hanya satu orang dapat melihat gambar hidup, yang berarti bahwa banyak waktu yang diperlukan untuk berbagi informasi. Diskusi dengan cepat tidak mungkin, karena target harus diamati satu orang pada satu waktu.
     E.     Resolusi Mikroskop Digital
Karena mikroskop digital memiliki gambar yang diproyeksikan langsung ke kamera CCD, maka mikroskop digital ini memiliki kualitas yang lebih tinggi dalam merekam gambar dibandingkan dengan mikroskop optik. Dengan mikroskop optik, lensa yang dibuat untuk optik mata. Memasang kamera CCD untuk sebuah mikroskop optik akan menghasilkan gambar yang memiliki kompromi dibuat untuk lensa mata.
Dengan khas CCD 2 megapiksel, gambar 1600 × 1200 piksel yang dihasilkan. Resolusi gambar tergantung paa bidang pandang lensa yang digunakan oleh kamera. Resolusi pixel perkiraan dapat ditentukan dengan membagi horisontal bidang pandang (FOV) oleh 1600. Peningkatan resolusi yang dapat dicapai dengan menciptakan citra sub-pixel. Pixel Shift Metode ini menggunakan aktuator secara fisik memindahkan CCD untuk mengambil gambar beberapa tumpang tindih. Dengan menggabungkan gambar di dalam mikroskop, resolusi sub-pixel dapat dihasilkan. Metode ini memberikan informasi sub-pixel, rata-rata gambar standar juga merupakan metode yang telah terbukti untuk menyediakan informasi sub-pixel.

     F.      Pengukuran 2D dan 3D Mikroskop Digital
Sebagian besar sistem end mikroskop digital memiliki kemampuan untuk mengukur sampel dalam 2D. Pengukuran dilakukan pada layar dengan mengukur jarak dari pixel ke pixel. Hal ini memungkinkan untuk panjang, lebar, diagonal, dan pengukuran lingkaran serta banyak lagi. Beberapa sistem bahkan mampu menghitung partikel.
Pengukuran 3D dicapai dengan mikroskop digital dengan gambar menumpuk. Menggunakan step motor, sistem mengambil gambar dari bidang fokus terendah di bidang pandang terhadap bidang fokus tertinggi. Kemudian merekonstruksi gambar tesis menjadi sebuah model 3D yang didasarkan pada kontras untuk memberikan warna gambar 3D sampel. Dari pengukuran model 3D dapat dibuat, tetapi akurasi didasarkan pada step motor dan kedalaman  lensa.

     G.    Jenis Mikroskop Digital
Banyak macam atau jenis dari mikroskop digital, layaknya jenis handphone, mikroskop digital bervariasi dengan spesifikasi masing-masing sesuai produksi perusahaan mikroskop. Ada beberapa model yang berbeda mikroskop digital. Beberapa memiliki satu lensa mata seperti mikroskop konvensional kebanyakan. Sejumlah model mikroskop stereo, yang berarti bahwa mereka memiliki dua eyepieces. Semua Mikroskop digital memiliki berbagai fitur yang membuat mereka alat-alat besar untuk pendidikan dan penelitian.
Mikroskop digital bervariasi dari unit yang berharga murah hingga mikroskop yang terhubung ke komputer melalui konektor USB yang berharga sekitar puluhan ribu dolar. Sebagian besar mikroskop yang berharga murah terhubung melalui USB namun tidak berdiri, atau berdiri sederhana dengan clampable sendi. Pada dasarnya sangat sederhana, webcam dengan lensa kecil dan sensor dapat digunakan untuk melihat benda yang tidak sangat dekat dengan lensa mekanis diatur untuk memungkinkan fokus pada jarak dekat yang sangat. Pembesaran biasanya disesuaikan oleh pengguna dari 10 × ke 200 hingga 400 ×.
Perangkat yang terhubung ke komputer memerlukan software untuk beroperasi. Operasi dasar termasuk melihat gambar mikroskop dan merekam "snapshot". Fungsionalitas yang lebih canggih, mungkin bahkan dengan perangkat sederhana, termasuk merekam gambar bergerak, selang waktu fotografi, pengukuran, peningkatan citra, penjelasan, dll Banyak dari unit sederhana yang terhubung ke komputer menggunakan fasilitas sistem operasi standar, dan tidak memerlukan perangkat driver khusus. Konsekuensi dari ini adalah bahwa paket mikroskop banyak berbeda perangkat lunak dapat digunakan bergantian dengan mikroskop yang berbeda, meskipun perangkat lunak tersebut mungkin tidak mendukung fitur-fitur unik untuk perangkat lebih maju. Dasar operasi mungkin dapat dilakukan dengan perangkat lunak yang disertakan sebagai bagian dari komputer sistem operasi dalam Windows XP, gambar dari mikroskop yang tidak memerlukan driver khusus dapat dilihat dan dicatat dari "Scanner dan Kamera" di Control Panel.
Berikut merupakan contoh-contoh dari mikroskop digital keluaran dari salah satu produsen mikroskop digital.
No
Jenis Mikroskop Digital
Spesifikasi
1
Model             : XSP12
Merk / Produk : Promaxi
Objective : 4x, 10x, 40x
Eyepiece :  5x, 10x, 12.5x
Max Magnification : 500x
White Balance : Automatic
Fliker Control: 50Hz, 60Hz, and none
Interface : USB 2.0 port
Dimension : 17.8(L)x12.6(W)x35(H) cm
Usage : Indoor only
Frame Rate: 30fps@320x240, @160x120, 15fps@640x480, @800x600
Still Image Capture Res:
(Installing Driver) 2560x1920, 1600x1200, 2048x1536,
1280x1024, 1024x768, 800x600, 640x480, 352x288, 320x240, 160x120.
2
Mikroskop Digital Tipe MD 1200
Type : Mikroskop Biologi
Lensa Objectif : Acromatic 4x, 10x dan 40x
Fokus : Manual
Dudukan Preparat : Penjepit
Pencahayaan : 12 Lampu Leed dgn Dimer/ Pengatur Cahaya
Resolusi : 5 Mp Digital Camera Cmos
Konektor : USB 2, 0
Body : Metal dan plastic
Pembesaran : 100x s/ d 1.200x
Software : Bhs Inggris dan Bhs. Indonesia
Aplikasi Tambahan : Dapat disambungkan dengan media Presentasi
( In Focus) dan PC Komputer
3
Mikroskop Digital Tipe MD 2800
Type : Mikroskop Biologi
Lensa Objectif : Acromatic 4x, 10x, 40x dan 100x ( oil)
Fokus : Manual
Dudukan Preparat : Penggeser
Pencahayaan : 12 Lampu Leed Dgn Pengatur Cahaya
Resolusi : 5 Mp Digital Camera Cmos
Konektor : USB 2, 0
Body : Metal dan plastik
Pembesaran : 100x s/ d 2.800x
Software : Bhs Inggris dan Bhs. Indonesia
Aplikasi Tambahan : Dapat disambungkan dengan media Presentasi
( In Focus) dan PC Komputer
4
Mikroskop Digital Tipe MD 600
Type : Stereo 3 (Tiga) Dimensi dan Biologi
Lensa Objectif : Acromatic 4x, 10x, 40x dan 100x (oil)
Fokus : Manual
Dudukan Preparat : Penggeser
Pencahayaan : Double Lampu Leed Pengatur Cahaya
Resolusi : 5 Mp Digital Camera Cmos
Konektor : USB 2,0
Body : Metal dan plastic
Pembesaran : Biologi 60x s/d 1.500x (Stereo 60x s/d 150x)
Software : Bhs Inggris dan Bhs. Indonesia
Aplikasi Tambahan : Dapat disambungkan dengan media Presentasi
(In Focus) dan PC Komputer
5
Mikroskop Digital Tipe MD 3000
Type : Mikroskop Biologi
Lensa Objectif : Acromatic 4x, 10x, 40x dan 100x (oil)
Fokus : Manual
Dudukan Preparat : Penggeser
Pencahayaan : 12 Lampu Leed Dgn Pengatur Cahaya
Resolusi : 5 Mp Digital Camera Cmos
Konektor : USB 2,0
Body : Metal dan plastic
Pembesaran : 120x s/d 3.000x
Software : Bhs Inggris dan Bhs. Indonesia
Aplikasi Tambahan : Dapat disambungkan dengan media Presentasi (In Focus) dan PC Komputer
Sedangkan berikut ini merupakan jenis dari mikroskop digital yang dihubungkan dengan beberapa media atau monitor penampil objek.
No
Jenis Mikroskop Digital
Keterangan
1.
Mikroskop monokuler RRC yang terkoneksi kamera digital merupakan versi ekonomis tetapi tidak menafikan kualitas gambar yang dihasilkan.
2.
Kamera digital dapat dihubungkan dengan mikroskop. Kelebihan sistem ini adalah resolusi gambar yang dihasilkan mengikuti resolusi kamera digital. Dengan alat ini juga, pengamat bisa mengambil gambar obyek baik statis maupun bergerak.
3.
Kamera digital dapat dihubungkan dengan mikroskop. Kelebihan sistem ini adalah resolusi gambar yang dihasilkan mengikuti resolusi kamera digital.
4.
Sistem seperti gambar di atas merupakan mikroskop Trinokuler dengan display LCD. Kamera dipasang pada okuler yang ketiga. Kelebihan sistem ini adalah pengamatan langsung dengan mata masih dapat dilakukan melalui kedua okuler di depan, yang memungkinkan pengamatan lebih simpel, praktis, dan alat dapat dibawa ke tempat lain dengan mudah. Display LCD terpasang langsung dengan mikroskop, dan dapat dilepas kembali dengan mudah.
5.
Sistem seperti gambar merupakan mikroskop dengan display LCD, yang memungkinkan pengamatan lebih simpel, praktis, dan alat dapat dibawa ke tempat lain dengan mudah. Display LCD terpasang langsung dengan mikroskop, dan dapat dilepas kembali dengan mudah. Ini memudahkan dalam proses pengamatan di laboratorium alam.. Cocok untuk pengamatan mikrokospis dengan mobilitas tinggi.
6.
Sistem ini menghubungkan mikroskop ke Kopmputer PC melalui input Card video. Mikroskop yang digunakan tidak harus seperti gambar di atas, dapat menggunakan mikroskop merk apapun, tipe apapun, dengan catatan mikroskop tersebut masih berfungsi dengan baik. Persayaratan yang diperlukan adalah mikroskop tersebut mempunyai sistem pencahayaan elektrik, bukan menggunakan cermin sebagai sumber cahaya. Mikroskop seperti gambar di atas (CX-21 Olympus) adalah mikroskop dengan pencahayaan asli sudah menggunakan lampu elektrik jenis halogen. Kamera yang digunakan adalah kamera CCD dengan resolusi yang lebih baik. Kelebihan sistem ini adalah fasilitas penampilan data lebih real time (karena menggunakan Video Card ), dan penyimpanan data lebih baik (data dapat disimpan dalam komputer PC dalam bentuk ganbar maupun movie). Sistem ini sangat baik digunakan untuk pemakai yang membutuhkan penyimpadan terhadap data pengamatan. Data yang telah tersimpan dapat digunakan lebih lanjut untuk pembuatan laporan, buku, atau presentasi-presentasi, sehingga sangat cocok digunakan untuk:
1.      Pengajaran di sekolah
2.      Peneliti di laboratorium klinik maupun perguruan tinggi
3.      Perguruan Tinggi
4.      Presentasi
7.
Sistem ini menghubungkan mikroskop ke Laptop melalui input USB. Mikroskop yang digunakan tidak harus seperti gambar di atas, dapat menggunakan mikroskop merk apapun, tipe apapun, dengan catatan mikroskop tersebut masih berfungsi dengan baik. Persayaratan yang diperlukan adalah mikroskop tersebut mempunyai sistem pencahayaan elektrik, bukan menggunakan cermin sebagai sumber cahaya. Mikroskop seperti gambar  (biological microscope) adalah mikroskop siswa dengan pencahayaan asli masih menggunakan cermin, namun untuk bisa dipasangi kamera cermin tersebut diganti dengan sumber cahaya lampu elektrik . Kelebihan sistem ini adalah fasilitas penyimpanan data (data dapat disimpan dalam Laptop atau PC dalam bentuk gambar maupun movie). Sistem ini sangat baik digunakan untuk pemakai yang membutuhkan penyimpanan terhadap data pengamatan. Data yang telah tersimpan dapat digunakan lebih lanjut untuk pembuatan laporan, buku, atau presentasi-presentasi, sehingga sangat cocok digunakan untuk:
1.      Peneliti di laboratorium klinik maupun perguruan tinggi
2.      Pengajaran di sekolah
3.      Perguruan Tinggi
4.      Presentasi
8.
Sistem ini menghubungkan mikroskop ke TV melalui input video dari pesawat televisi. Mikroskop yang digunakan tidak harus seperti gambar di atas, dapat menggunakan mikroskop merk apapun, tipe apapun, dengan catatan mikroskop tersebut masih berfungsi dengan baik. Persyaratan yang diperlukan adalah mikroskop tersebut mempunyai sistem pencahayaan elektrik, bukan menggunakan cermin sebagai sumber cahaya. Mikroskop seperti gambar adalah mikroskop siswa dengan pencahayaan asli masih menggunakan cermin, namun untuk bisa dipasangi kamera cermin tersebut diganti dengan sumber cahaya lampu elektrik. Sistem ini sangat baik digunakan untuk :
1.      Pengamatan di laboratorium
2.      Pengajaran di sekolah
3.      Peragaan pemeriksaan mikroskopis
4.      Presentasi (karena dapat dihubungkan ke  Proyektor)
     H.    Bagian-Bagian Mikroskop Digital
Berikut merupakan gambar beberapa mikroskop digital beserta keterangan bagian-bagiannya :




     I.     Cara Penggunaan Mikroskop Digital
Ada banyak tipe atau seri mikroskop digital. Berikut ini adalah cara menggunakan mikroskop digital seri DG 2800. Penggunaannya mudah dan praktis. Secara umum langkah langkah yang diperlukan adalah sama bagi semua mikroskop digital seri DG.
    1.    Meletakkan mikroskop di tempat yg datar dan kuat (meja)
    2.    Menyalakan komputer dan menyambungkan USB dari mikroskop ke PC
    3.    Memasang lampu LED dan menyambungkan ke listrik
    4.    Menyalakan lampu led (atur dimmer maksimal lebih dulu, dan mengecilkan jika diperlukan) Letakan preparat ke meja preparat. Objek letakkan pada sinar yg masuk Pilih lensa obyektiv 4x lebih dahulu
    5.    Menjalankan program softrware aplikasi mikroskop digital
    6.    Memutar fokus kasar hingga gambar muncul di monitor Untuk memperjelas, putar fokus halus
    7.    Gambar dan Video selanjutnya dapat disimpan dengan tombol simpan gambar

     A.     Manfaat Mikroskop Digital dalam Pendidikan
Kemajuan teknologi mikroskop digital selama beberapa tahun terakhir telah menghasilkan manfaat besar bagi siswa. Beberapa siswa mulai memiliki mikroskop yang terhubung ke TV atau ke komputer melalui port USB. Siswa kemudian diajarkan untuk menggunakan mikroskop kemudian mendiskusikan temuan mereka. Selain itu mikroskop digital memungkinkan seluruh kelas untuk melihat spesimen dan membahas temuan sebagai sebuah kelompok.
Salah satu jenis plugs mikroskop digital ke dalam proyektor data atau televisi. membuat proses ilmu pengetahuan mengajar ke kelas jauh lebih dinamis, lebih mudah dan lebih hemat biaya. Penyajian dan diskusi spesimen dapat dicapai dengan mudah dengan menempatkan televisi di depan kelas dimana semua siswa memiliki pandangan yang jelas ke layar. Pendidik menempatkan spesimen di bawah mikroskop untuk menampilkan di depan kelas. Dengan begini, siswa melihat proses demo pengamatan spesimen yang dilakukan guru.
Pendidik ini dapat menggunakan televisi untuk menunjukkan rincian spesimen, mendorong semua siswa berpartisipasi, dan mencapai tujuan dari rencana pelajaran dengan menggunakan mikroskop. Tidak ada kebutuhan untuk perangkat lunak atau peralatan tambahan untuk membuat mikroskop bagian penting dari proses pendidikan. Siswa akan dapat mempelajari langkah-langkah untuk pengamatan spesimen dengan benar tanpa trial and error yang sering menyertai proses ini. Di samping itu, dalam kelompok diskusi, pertanyaan, dan jawaban selalu disampaikan kepada pendidik baik ketika menampilkan konten baru atau tidak biasa kepada siswa. Mengajar siswa tentang struktur selular hewan dan tumbuhan dapat dengan mudah dicapai dengan menggunakan gambar besar, jelas, dan tajam disediakan oleh layar televisi atau proyektor data.
Manfaat tambahan dari jenis sistem adalah bahwa siswa dengan kebutuhan khusus, yang mungkin tidak biasanya mampu menangani kontrol kecil mikroskop atau dapat menavigasi seluk-beluk ruang lingkup, akan dapat berpartisipasi dan belajar mudah dengan seluruh kelas. Dapat sisimpulkan pula semua siswa dalam proses eksplorasi ilmu akan memperluas dan memberdayakan siswa dengan kebutuhan khusus untuk berpartisipasi dalam belajar lebih aktif.
Lingkup dibuat untuk digunakan dengan televisi atau proyektor data yang fungsi dan fitur dari lingkup yang diintegrasikan dengan komputer dengan menggunakan port USB. Sistem ini dapat merekam gambar diam, melakukan video waktu selang, dan memberikan aliran terus-menerus informasi kepada siswa terhadap spesimen saat mereka belajar dengan mikroskop digital ini. Pendidik dapat dengan mudah mengembangkan rencana pelajaran yang akan mencakup pemisahan sel, atau proses pertumbuhan jamur atau bakteri.
Mikroskop yang paling efektif untuk digunakan dalam pendidikan ini dirancang untuk memberikan perbesaran yang lebih besar 10x ke 200x atau lebih tinggi. Termasuk juga kontrol yang mudah digunakan untuk penerangan LED yang akan memungkinkan untuk adaptasi terhadap sumber cahaya di dalam kelas lebih mudah. Banyak guru menemukan bahwa dengan menggunakan mikroskop digital dalam hubungannya dengan mikroskop meja memungkinkan lebih banyak fleksibilitas dalam pengajaran teknik dan metode. Hal ini sangat ampuh untuk memiliki instruktur dapat menampilkan apa yang siswa cari di Mikroskop desktop mereka. Interaksi antara siswa dan pendidik ketika siswa tahu apa yang mereka cari dimungkinkan pendidik untuk fokus pada proyek dan spesimen di tangan untuk seluruh kelas, bukan menghabiskan waktu di meja masing-masing mahasiswa menceritakan informasi yang sama.
Manfaat penggunaan mikroskop digital di kelas sains dasar yang luar biasa ini terjangkau dan mudah digunakan dan membuka pintu bagi pendidik dan siswa. Pendidik mampu membuat rencana pelajaran dinamis yang menggunakan aplikasi penuh dari mikroskop sementara siswa mendapat manfaat dari dunia indah yang telah dibuka kepada mereka melalui teknologi modern ini.
Untuk menjamin mikroskop digital adalah sebagai berguna mungkin untuk pelaksanaan kelas, beberapa faktor harus dipertimbangkan:
     1.      Perbesaran
Tingkat dan fleksibilitas dari perbesaran sangat penting. Perbesaran mulai dari 10x ke 200x memberikan pandangan yang jelas dari obyek yang sedang dipelajari, baik itu sampel batuan atau struktur sel.
     2.      Resolusi
Resolusi adalah faktor lain yang besar. Jika gambar akan dilihat pada monitor komputer besar atau melalui proyektor data, resolusi tinggi sangat penting sehingga kualitas gambar tidak mengganggu siswa. Sebuah resolusi 1280x1024 dianjurkan.
     3.      Fleksibilitas
Sebuah mikroskop digital harus tahan lama dan fleksibel. Tangan memegang mikroskop digital ini sangat berguna karena dapat dipindahkan ke spesimen daripada spesimen yang sedang pindah ke itu. Hal ini memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi contoh tanah dan batuan dengan cara investigasi. Hal ini juga memungkinkan siswa untuk menekan ruang lingkup terhadap lengan mereka atau tangan untuk melihat keringat merembes melalui pori-pori. Ini tidak dapat dengan mudah (jika ada) diamati dengan mikroskop tradisional.
     4.      Harga
Efektivitas biaya penting dalam pendidikan. Kualitas mikroskop digital yang baik dapat diperoleh di bawah $ 200.
     5.      Software
Perangkat lunak yang dirancang untuk penggunaan pendidikan juga suatu keharusan. Perangkat lunak ini harus memungkinkan siswa untuk zoom in untuk melihat lebih detail, harus memungkinkan siswa untuk mengambil time-lapse video serta gambar diam dan video biasa, dan harus memungkinkan siswa untuk mengukur spesimen. Gambar yang diambil kemudian dapat dicetak dan dilampirkan dengan laporan laboratorium atau digunakan dalam presentasi PowerPoint.
 Siswa lebih mudah menerima teori bila diajarkan bersama aplikasi yang sebenarnya. Sebagai contoh, siswa mungkin tidak dapat benar-benar memvisualisasikan siklus hidup serangga, hanya karena mereka tidak pernah melihatnya secara real. Beberapa Mikroskop digital yang dikemas sebagai bagian dari kit pendidikan untuk membuat implementasi lebih mudah.  SmartScope bisa dikemas dengan kit spesimen Siklus Hidup menampilkan siklus hidup ngengat dalam empat tahap, telur, ulat, pupa dan ngengat. Ini adalah cara yang sangat baik membuat siswa memahami tahap dasar, di mana guru dapat menjelaskan bagaimana ini sama atau berbeda dari serangga lainnya. Mikroskop digital telah benar-benar memberdayakan guru dan siswa sama. Guru sekarang ganda dilengkapi untuk menjelaskan konsep yang berbeda sementara dengan mudah berhubungan ke dunia nyata. Penerapan teknologi tersebut pada tingkat sekolah, telah memberikan pendidikan pendekatan penelitian yang lebih didasarkan dari sekedar menjadi pembelajaran.
 
DAFTAR PUSTAKA
Anonim. OptiLab Mikroskop Digital. Yogyakarta: CV. MICONOS TRANSDATA    NUSANTARA.
Anonim. Panduan Penggunaan OptiLab Digital Microskop. Yogyakarta: CV. MICONOS TRANSDATA NUSANTARA.
http://www.kaskus.us/member.php?s=512d40842b606adc1fff435095e305f3&u=1985413
http://optilabinfo.blogspot.com/
http://translate.googleusercontent.com/translate_c?hl=id&langpair=en%7Cid&u=http://www.digitalmicroscope.com/feature/depth_composition.php&rurl=translate.google.co.id&usg=ALkJrhif9nhgnmfINeuVuuLN_1TzhVuL-Q
http://wb8.itrademarket.com/pdimage







Tidak ada komentar:

Posting Komentar