Rabu, 21 Desember 2011

Gempol (Nauclea orientalis L.)

Klasifikasi :
Regnum : Plantae
  Divisio : Spermatophyta
      Sub Divisio : Angiospermae
          Kelas : Dicotyledoneae
              Sub Kelas : Sympetalae
                  Bangsa : Rubiales
                      Famili : Rubiaceae
                          Genus : Nauclea
                               Spesies : Nauclea orientalis L.
(Linnaeus, C. von (1763) Species Plantarum ed. 2: 243. Type: ?.)


 Gambar : Kotiledon dan Perkecambahan Epigeal


Gambar : Tanaman Gempol
Gambar : Daun dan Bunga Gempol
 
 
Gambar : Daun Gempol


Gambar : Bunga Gempol


Gambar : Buah Gempol


Sinonim :
Cephalanthus orientalis L., Spesies Plantarum ed. 1: 95 (1753), Tipe: Lecto: Plate 338 di Hermanns Herbarium, BM. Fide Merrill (1915).
 
Nama umum :
Cheesewood; Canary Cheesewood; Cape York Leichardt; Leichardt, Leichhardt Pine, Leichhardt Pohon; Pine Leichhardt itu, Pine, yang Leichhardt; Leichhardt Lembut, Kuning Cheesewood, Burr Pohon, Canary-kayu.
 
Batang
Gugur; berdaun untuk periode Agustus atau September. Kulit mati oranye ke kuning ketika dipotong.
 
Daun
Daun umumnya agak besar, pisau daun sekitar 15-30 cm x 10-18. Stipules besar dan mencolok, sekitar 1-3,5 cm, puncak tumpul. Kelenjar merah, telur serangga menyerupai, melekat pada permukaan bagian dalam dari setiap stipule dekat dasar.
 
Bunga
Calyx tabung menyatu satu sama lain untuk membentuk kepala bulat sempurna dari bunga. Corolla tabung lebih panjang dari lobus, lobus mahkota sekitar 2-3 mm. Anter + / - sessile, melekat pada puncak tabung mahkota. Gaya dan stigma putih, stigma + / - silinder atau berbentuk peluru.
 
Buah
Buah sekitar 4-5 cm diameter, permukaan luar reticulately berkerut.. Biji kecil, sekitar 1,5-2 mm, sangat banyak dalam setiap buah. Testa halus retikular.
 
Bibit
Kotiledon ovate, sekitar 3-4 mm panjang. Pada tahap daun kesepuluh: pisau daun berbentuk bulat panjang, gundul; stipules interpetiolar, besar, foliaceous, mencolok, jorong sampai obovate, puncak tumpul.
Distribusi dan Ekologi
 
Penyebaran
Terjadi di WA, NT, CYP, NEQ dan ke selatan menuju pantai tengah dan selatan-timur Queensland. Altitudinal berkisar dari permukaan laut sampai 450 m. Sebuah pohon karakteristik dari hutan lindung di bagian utara Australia, tetapi juga tumbuh di hutan hujan dataran rendah terutama dalam situasi rawa. Juga terjadi di Asia dan Malesia.
 
Sejarah
1. Buah jatuh dimakan oleh kasuari. Cooper & Cooper (1994).
2. Sebuah ukiran kayu yang berguna (Swain (1928).
3. Sebagian besar menyebar dan pohon rindang yang sering dibudidayakan. Bunga dalam jumlah besar bola-seperti kepala dan sangat wangi.
4. Sebuah infus dari gonggongan menyebabkan muntah, dan digunakan oleh suku Aborigin utara Queensland untuk mengobati 'sakit perut' dan kadang-kadang gigitan ular; di Bloomfield Sungai, ramuan kulit kayu itu digunakan secara eksternal sebagai aplikasi untuk sakit rematik. Cribb (1981).
5. Menghasilkan bahan bangunan yang cukup tahan lama, kayu bangunan..
6. Kayu spesifik gravitasi 0,56. Cause et al. (1989).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar